Selasa, 07 November 2017

Tips Foto Zoom Blur atau Zoom Burst

Meski tampilannya terlihat rumit, namun foto zoom burst atau yang juga sering disebut zoom blur pada dasarnya cukup simpel. Yang perlu dilakukan untuk mendapatkan tampilan foto yang seperti ini adalah dengan memutar ring zoom yang ada di lensa ketika sedang mengambil exposure. Foto zoom blur alias zoom burst ini identik dengan garis-garis blur yang memberi kesan jika obyek yang ada di dalam foto bergerak. Dengan tips foto zoom blur atau zoom burst yang tepat, kawan-kawan bisa merubah foto biasa menjadi terlihat istimewa.

Untuk menghasilkan foto ini, menurut sewa lensa Canon 135mm Jogja, kita harus mengubah panjang focal saat kamera sedang dipakai untuk memotret obyek. Sehingga selama shutter kamera terbuka, kamu perlu memutar ring zoom yang ada pada lensa secara manual. Tentu untuk bisa melakukan proses ini kamu memerlukan sebuah lensa zoom, kamera, serta tekad yang kuat untuk banyak mencoba.
Tips foto zoom blur atau zoom burst untuk menghasilkan efek gerakan adalah dengan memotret menggunakan shutter speed lebih rendah dari biasanya. Jika kamu memotret dengan menggunakan tangan, kamu bisa memilih rentang shutter antara ¼ hingga 1/10. Shutter yang lambat pun bisa diperoleh jika kita menggunakan tripod. Gunakan shutter priority dan coba berbagai setting untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
Jika kawan-kawan masih berlatih, maka tentukan sebuah subyek sebagai titik fokus di tengah frame. Baik manual fokus maupun back button focusing bisa digunakan pada proses ini.
Ketika lensa berada pada posisi zoom terpanjang, kamu harus memposisikan subyek utama agar berada di tengah frame. Lalu gunakan tangan kanan untuk menekan tombol shutter dan putarlah ring zoom sehingga focal length akan menjadi lebih pendek. Sebagai percobaan gerakkan ring zoom dengan lembut dan pada percobaan selanjutnya kamu bisa menggerakkan ring zoom dengan lebih cepat namun usahakan agar kamera tetap stabil.

Menggunakan aksesoris tambahan juga menjadi tips foto zoom blur atau zoom burst yang efektif. Misalnya kawan-kawan bisa memanfaatkan tripod untuk membuat area tajam pada foto lebih stabil. Ini akan membuat garis blur dengan bentuk yang lurus. Tripod ini juga akan sangat membantu ketika kita akan membuat foto zoom blur pada malam hari sebab menjepret dengan tangan akan sangat sulit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar